andy farm

Andy Farm, Lokasi Karang Tengah - Cileduk, Tangerang.
Pembenihan & Pembesaran Ikan Lele dengan NOZ+ & Azolla Micropilla

http://facebook.com/andyfarm.cileduk

Rabu, 04 April 2012

Bahan Baku Panganan Ikan Lele 5 April 2012

Harga pakan ikan lele yg cukup mahal dapat diatasi dengan jalan ke pasar tradisional dan cari pedagang ikan/cumi/udang serta pedagang ikan ASIN, dimana setiap pedagang akan membuang limbah nya, ikan asin/ikan teri akan dibersihkan dan menyisakan banyak bubuk/kepala ikan. Bila diminta tidak dikasih maka dapat dibeli dengan harga yang sangat murah. Silahkan coba melakukan riset dan survey, jangan malu bertanya dari satu toko ke toko lain, mereka memiliki stok yang banyak sekali bubu/ kepala ikan asin/teri tersebut.

Juga dapat melakukan riset ke pasar tradisional bagian sayur, lumayan limbah nya dapat sekantong atau dua kantong plastik, sedikit usaha tapi bisa menghemat/menekan biaya pangan ikan lele.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, hemat uang tapi ikan sehat ...., dapat juga dijadikan pelet dengan ditambah dedek/bekatul yg sdh difermentasi ....



3 komentar:

  1. nice info pak.. setahu saya kalo ikan asin kan dijual utuh dengan kepalanya pak?

    BalasHapus
  2. Fermentasi 1:5, 1 ikan bs 5 dedak, campur air kurang lbh 2 ltr, fermentasi dgn probiotik 100ml, usahakan membusuk. Jemur stengah kering. Giling. Jemur sampe kering. Ok bgt hasilnya. Pengalaman pribadi brow . .

    BalasHapus
  3. mas kalo ikan asin kan ada garamnya nanti ke lelenya kenapa2 ga? makasih. mohon pencerahannya

    BalasHapus